Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya, Powell menegaskan kembali bahwa bank sentral akan mengambil pendekatan menunggu dan melihat sebelum mengurangi biaya pinjaman. Namun, pandangannya bahwa angka inflasi baru-baru ini tidak “mengubah secara signifikan” gambaran keseluruhan memberikan dukungan untuk aset berisiko.

Dalam beberapa hari terakhir, para pedagang telah mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga mereka di tengah tanda-tanda ketahanan ekonomi dan nada yang lebih hati-hati dari para pejabat Fed. Hal ini menimbulkan keraguan mengenai apakah Powell dan rekan-rekannya akan mampu memenuhi proyeksi bank sentral mengenai penurunan suku bunga sebanyak tiga kali pada tahun ini.

“Powell mengatakan data terbaru tidak mengubah gambaran secara signifikan,” kata Krishna Guha dari Evercore. 

“Kami membaca hal ini sebagai konfirmasi bahwa kekhawatiran di pasar bahwa perekonomian mungkin terlalu kuat bagi The Fed untuk melakukan pemangkasan pada Juni adalah hal yang berlebihan – dan kasus dasarnya tetap pada bulan Juni dan tiga pemotongan pada tahun ini.”

Emas naik dan mencetak rekor baru pada Rabu, melampaui US$2.300 per ounce dalam reli yang dibantu oleh dukungan Powell terhadap potensi penurunan suku bunga tahun ini. West Texas Intermediate melanjutkan kenaikannya, bersiap untuk kenaikan sesi kelima berturut-turut, meninggalkan harga acuan AS di sekitar $85 per barel.

Investor juga menilai dampak gempa bumi terkuat yang melanda Taiwan dalam seperempat abad terakhir. Guncangan tersebut menewaskan sedikitnya sembilan orang dan mengganggu produksi semikonduktor. 

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., pemasok utama chip untuk Apple Inc. dan Nvidia Corp, memindahkan beberapa staf dari pusat produksinya tetapi mengatakan “tidak ada kerusakan pada peralatan penting”.

Dalam mata uang, Yen sedikit berubah di Asia setelah mantan anggota dewan Bank of Japan Makoto Sakurai mengatakan pada Rabu bahwa bank sentral kemungkinan akan menunggu hingga sekitar bulan Oktober sebelum mempertimbangkan kenaikan suku bunga lagi. Ukuran kekuatan dolar mengalami penurunan terbesar dalam dua minggu.

(bbn/ain)

No more pages