Logo Bloomberg Technoz

5 Sinyal Misterius dari Luar Angkasa yang Sampai ke Bumi, Alien?

Redaksi
01 April 2024 14:00

Rekaan Sinyal Misterius. (Dok: Space.com)
Rekaan Sinyal Misterius. (Dok: Space.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Terdapat sinyal misterius dari luar angkasa. Dibutuhkan waktu miliaran tahun untuk mencapai Bumi. Sinyal misterius bukanlah hasil pemantauan pertama kalinya para astronom.

Sinyal misterius baru berjenis fenomena kosmik atau fast radio burst (FRB). FRB sendiri diduga merupakan semburan energi yang sangat kuat —lebih kuat daripada yang dipancarkan matahari dalam tiga hari.

FRB hanya berlangsung selama sepersekian detik dam akan mencapai Bumi dari seluruh penjuru alam semesta, tapi saat mencapai Bumi, semburan ini terlalu lemah untuk dilihat — mata kita juga tak cukup peka terhadap gelombang radio, tulis Technologi.org, dikutip Senin (1/4/2024).

“Untuk 'melihat' kilatan itu, kita memerlukan teleskop radio besar yang menyimpan data sinyal secara digital di komputer.” Teleskop yang bisa melihat seluruh langit dari Bumi belum mampu dibuat manusia.

FRB ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2007. Menurut astronom UvA, Jason Hessels, para astronom sedang menganalisis data dari teleskop mereka dan melihat lonjakan besar pada grafik.