Logo Bloomberg Technoz

Klaim Pengangguran Rendah, Pasar Tenaga Kerja AS Masih Tangguh

News
21 March 2024 21:10

Ilustrasi bursa kerja bagi pengangguran. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi bursa kerja bagi pengangguran. (Dok: Bloomberg)

Jarrell Dillard - Bloomberg News

Bloomberg, Klaim atau permohonan awal untuk tunjangan pengangguran AS bertahan mendekati level terendah sepanjang sejarah pekan lalu. Hal ini menggarisbawahi ketangguhan pasar tenaga kerja.

Menurut data Departemen Tenaga Kerja yang dirilis pada Kamis (21/03/2024), klaim awal turun 2.000 menjadi 210.000 pada minggu yang berakhir 16 Maret. Perkiraan median dalam survei ekonomis Bloomberg menunjukkan angka 213.000.

Klaim lanjutan, yang menunjukkan perkiraan jumlah orang yang menerima tunjangan pengangguran, juga sedikit berubah di angka 1,81 juta pada minggu yang berakhir 9 Maret.

Permohonan tunjangan pengangguran tetap rendah selama setahun terakhir meskipun suku bunga tinggi dan beberapa tanda perlambatan di pasar tenaga kerja. Data revisi yang dirilis minggu lalu menunjukkan pengajuan tunjangan bahkan lebih rendah daripada yang dilaporkan sebelumnya. Klaim berkelanjutan, misalnya, telah bertahan di sekitar 1,8 juta tahun ini, tidak naik menjadi 1,9 juta seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Klaim pengangguran AS. (Sumber: Bloomberg)