Logo Bloomberg Technoz

Para pelaku pasar bertanya-tanya berapa banyak lagi pejabat yang dapat mengurangi portofolio aset senilai US$7,5 triliun sebelum retakan yang mengkhawatirkan--mirip dengan yang terlihat pada tahun 2019 menjelang tekanan pendanaan akut--mulai muncul. Untuk saat ini, pasar pendanaan jangka pendek telah stabil dan bebas dari tekanan, yang menawarkan fleksibilitas yang cukup besar karena para pejabat Fed mempertimbangkan jalan ke depan untuk QT.

Fed's QT (Dok: Bloomberg)

Penggunaan fasilitas overnight reverse repurchase agreement (RRP)--sebuah barometer untuk mengukur kelebihan likuiditas di sistem keuangan--naik pada Rabu menjadi US$496 miliar, tertinggi sejak 13 Maret, dari US$447 miliar pada sesi sebelumnya.

Powell mengatakan bahwa ketika neraca keuangan menyusut dan penggunaan RRP stabil pada atau mendekati nol, cadangan bank--yang saat ini mencapai US$3,6 triliun--akan menurun "hampir mendekati dolar untuk dolar" dengan limpasan asetnya.

Pernyataannya senada dengan Gubernur Fed Dallas Lorie Logan, yang mengatakan pada awal bulan ini bahwa akan lebih tepat untuk memperlambat laju limpasan begitu saldo RRP mendekati level rendah.

"Pernyataan Powell menunjukkan bahwa ia mendengarkan Lorie Logan dengan saksama," kata Gennadiy Goldberg, kepala strategi suku bunga AS di TD Securities. Dia mengatakan dia sekarang mengharapkan Fed untuk merilis Prinsip dan Rencana Normalisasi Neraca yang diperbarui pada pertemuan Mei.

Perdebatan saat ini memanas seputar tingkat yang tepat di mana cadangan bergeser dari melimpah menjadi cukup. Powell telah mengatakan di masa lalu bahwa bank sentral ingin memiliki penyangga di atas tingkat cadangan terendah yang nyaman dalam sistem, tetapi tidak memberikan angka spesifik.

Beberapa ahli strategi Wall Street mengatakan bahwa setelah RRP benar-benar kosong, suku bunga jangka pendek--dari Secured Overnight Financing Rate relatif terhadap fed funds--akan mulai bergerak lebih tinggi dalam kisaran target bank sentral. Hal ini dikarenakan bank-bank kemungkinan akan terus melakukan segala cara untuk mempertahankan cadangan tersebut.

Namun, musim pajak dan pembayaran pinjaman dari Program Pendanaan Berjangka Bank The Fed akan mulai menguras cadangan bank. Meskipun pembayaran pajak penghasilan individu cenderung lebih banyak berasal dari bank-bank daripada reksa dana pasar uang, ada risiko yang berubah tahun ini, menurut Priya Misra, manajer portofolio di JPMorgan Asset Management.

"Kita akan menghadapi musim pajak," ujar Misra dalam wawancara dengan Bloomberg Television sebelum konferensi pers Powell. "Fasilitas overnight reverse repo mungkin akan menjadi nol dalam dua bulan ke depan. Lalu apa yang akan mereka lakukan? Apakah mereka semakin dekat dengan tapering? Mereka akan memperdebatkan hal ini, dan jika kita mendapatkan peristiwa September 2019, itu adalah kejutan besar bagi sistem yang saya pikir tidak diperhitungkan."

(bbn)

No more pages