Logo Bloomberg Technoz

Menlu AS Akan Kembali ke Timur Tengah saat AS-Israel Tegang

News
19 March 2024 15:30

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)
Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan melakukan kunjungan keenam kalinya ke Timur Tengah sejak perang meletus di Oktober, seiring dengan masih tingginya ketegangan antara Washington dan Israel terkait pertempuran dan situasi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza.

Blinken, yang telah melakukan perjalanan di Eropa dan Asia sejak Kamis, akan memperpanjang perjalanannya saat ini dan singgah di Arab Saudi dan Mesir untuk bertemu dengan para pemimpin dan pejabat senior lainnya di kedua negara tersebut, Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada Selasa.

Lawatan ke Timur Tengah ini akan difokuskan pada status negosiasi yang sedang berlangsung untuk mencapai gencatan senjata yang dapat mengarah pada pembebasan sandera-sandera Israel yang ditahan oleh Hamas, yang oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa dianggap sebagai kelompok teroris.

Ia juga akan membahas upaya-upaya untuk meningkatkan aliran bantuan ke Gaza, merencanakan pemerintahan pasca-perang di daerah kantong pesisir tersebut, dan upaya-upaya yang dipimpin oleh AS untuk mengakhiri serangan-serangan terhadap pelayaran komersial di Laut Merah yang dilakukan oleh para militan Houthi.