Logo Bloomberg Technoz

Harga CPO Sentuh Rekor, Saham Emiten Haji Isam Naik Nyaris 25%

Muhammad Julian Fadli
18 March 2024 14:55

Traktor memindahkan hasil panen buah kelapa sawit di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia, Senin, 20 Juni 2022. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Traktor memindahkan hasil panen buah kelapa sawit di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia, Senin, 20 Juni 2022. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kenaikan harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) di pasar global mengangkat performa saham-saham perkebunan CPO yang tercatat di pasar modal Indonesia. Dalam pantauan, saham PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR) meroket hingga 24,71% dalam satu hari perdagangan.

Pada perdagangan Senin (18/3/2024), saham-saham perkebunan CPO mengalami tren kenaikan mengikuti arah dan tren harga acuan CPO global yang terus menguat menuju level MYR 4.292/ton pada Bursa Malaysia untuk pengiriman Mei.

Pergerakan Saham JARR Parkir di Zona Auto Reject Atas (Bloomberg)

Harga acuan tersebut tengah bergerak dalam tren bullish. Sepanjang minggu kemarin, harga CPO mencatat kenaikan 4,71% secara point-to-point. Bahkan, harga CPO sempat berada di level tertinggi dalam setahun perdagangan. Dalam sebulan, harganya melesat 12,68%.

Adapun penyebabnya adalah ekspektasi terhadap ketatnya pasokan.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, produksi CPO Malaysia turun sekitar 10% pada Februari dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Produksi diperkirakan belum bisa naik bulan ini, karena pekerja perkebunan yang kebanyakan berasal dari Indonesia pulang kampung saat Ramadan.