Logo Bloomberg Technoz

Batik Air Soal Pilotnya Tidur Saat Tugas: Sudah Kami Nonaktifkan

Pramesti Regita Cindy
09 March 2024 17:20

Pesawat Batik Air tiba di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pesawat Batik Air tiba di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Batik Air buka suara ihwal  insiden yang melibatkan pesawat BTK6723 Batik Air A320 registrasi PK-LUV, di mana pilot dan co-pilot diketahui tertidur secara bersamaan saat menerbangkan pesawat.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan maskapai akan menerapkan seluruh rekomendasi keselamatan yang disampaikan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) atas insiden tersebut.

“Sebagai bagian dari upaya tersebut, Batik Air memperkuat program pembinaan dan meningkatkan prosedur keselamatan operasional penerbangan terhadap semua awak pesawat,” ujarnya melalui pernyataan resmi, Sabtu (9/3/2024).

Dengan kebijakan waktu istirahat yang memadai,  kata Danang, Batik Air menekankan kembali pemahaman akan pentingnya memaksimalkan waktu istirahat bagi awak pesawat agar tetap dalam kondisi prima sebelum melaksanakan tugas terbang. 

Pesawat Batik Air bersiap lepas landas di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)


Maskapai yang tergabung dalam Lion Group itu juga berjanji akan memperkuat keamanan dan kenyamanan penumpang melalui berbagai langkah pengembangan standar operasional dan kinerja pilotnya.