Logo Bloomberg Technoz

KNKT: Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur 28 Menit saat Terbang

Delia Arnindita Larasati
09 March 2024 10:00

Pesawat Batik Air bersiap lepas landas di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pesawat Batik Air bersiap lepas landas di bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (26/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap insiden yang melibatkan dua awak pesawat Batik Air yang tertidur saat menerbangkan pesawat. Insiden tersebut terjadi pada 25 Januari 2024, dalam penerbangan pesawat rute Jakarta-Kendari pulang dan pergi.

Dalam laporan tersebut, KNKT mengatakan seorang pilot berusia 32 tahun dan kopilot berusia 28 tahun tertidur sekitar 30 menit saat mengoperasikan pesawat Airbus 1320 beregistrasi PK-LUV. 

Kopilot sempat mengatakan kepada pilot bahwa dia kurang istirahat sebelum berangkat dari Jakarta. Saat itu, pilot pun menawarkan kopilot agar tidur selama 30 menit dan perjalanan pun berlangsung lancar.

Saat tiba di Kendari, pilot dan kopilot makan mie isntan di dalam kokpit sembari menunggu jadwal terbang selanjutnya. Proses persiapan terbang kembali ke Jakarta berjalan lancar, dan lepas landas pukul 07.05 waktu setempat dengan nomor penerbangan BTK6723. Saat itu, total penumpang di pesawat ada 153 orang.

Pada pukul 07.37 waktu setempat, kedua pilot melepas headset dan menyalakan loud speaker dengan volume kencang. Pilot pun meminta izin kepada kopilot untuk beristirahat, dan diberikan.