Logo Bloomberg Technoz

Cetak ATH, IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan

Muhammad Julian Fadli
08 March 2024 08:49

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Jumat 8 Maret 2024 berpotensi melaju di zona hijau, dengan melanjutkan penguatan dalam tren optimis dengan keberhasilan mencatat level tertingginya (All Time High/ATH) di penutupan kemarin 7.373 searah dengan sejumlah sentimen yang mendukung.

Pada perdagangan kemarin, Kamis (7/3/2024), IHSG menguat 44,16 poin atau 0,6% dan berhasil menutup perdagangan pada level tertingginya sepanjang masa pada harga penutupan 7.373.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Jumat 8 Maret 2024 (Bloomberg)

Secara teknikal IHSG berpotensi melanjutkan tren penguatan, dengan terkonfirmasi membentuk Higher High Higher Low dalam tren jangka pendek, bersamaan dengan keberhasilan breakout range sempit IHSG dalam time frame daily, yang juga searah dengan reli indeks global.

Target kenaikan selanjutnya menuju area level 7.400–7.420 sekaligus berpotensi kembali pecah rekor level tertinggi IHSG atau All Time High secara intraday. Adapun resistance sebelumnya yang berhasil ditembus, kini menjadi support IHSG pada level 7.340–7.310.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global, dari sinyal optimisme lebih lanjut dari Jerome Powell bahwa Bank Sentral akan memangkas suku bunga tahun ini. Ia menyatakan, Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) semakin dekat dari kata percaya diri untuk melonggarkan kebijakan, sementara penurunan suku bunga acuan bisa dan akan segera dimulai pada tahun ini.