Logo Bloomberg Technoz

Digugat Gegara Jual Logam dari RI, Ini Rekam Jejak Skandal di LME

Sultan Ibnu Affan
13 February 2024 09:40

Gedung kantor pusat London Metal Exchange (LME) di Leadenhall Street, London./Bloomberg-Simon Dawson
Gedung kantor pusat London Metal Exchange (LME) di Leadenhall Street, London./Bloomberg-Simon Dawson

Bloomberg Technoz, Jakarta - Belum lama ini, pasar komoditas tengah diguncang setelah mencuatnya sejumlah skandal yang menyatakan adanya permainan curang dalam jaringan pergudangan dan pengiriman komoditas logam dunia.

Permainan curang itu disebut turut menyeret sebuah perusahaan pasar berjangka acuan dunia untuk logam dasar, yang memainkan peran penting dalam perekonomian industri bahan baku tersebut, yakni London Metal Exchange (LME).

Bahkan, 'permainan kotor' tersebut ditengarai turut menyeret salah satu tambang tembaga terbesar yang berada di Indonesia, yakni Grasberg, yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI), dengan mayoritas sahamnya dipegang oleh pemerintah melalui PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

Imbasnya, LME pun pekan lalu digugat oleh salah satu lembaga hukum dari Inggris, Global Legal Action Network (GLAN) pun telah mengajukan gugatan hukum ke Pengadilan Tinggi Inggris terhadap LME terkait dengan isu tersebut.

Pedagang, pialang, dan panitera bekerja di lantai perdagangan open outcry pit di London Metal Exchange (LME)./Bloomberg- Chris Ratcliffe


Lantas, apa itu LME?