Logo Bloomberg Technoz

Beli 14% Saham Vale, MIND ID Dikabarkan Cari Pinjaman Rp31,2 T

Wike Dita Herlinda
08 February 2024 17:10

78th Mining and Energy Anniversary, MIND ID./dok. MIND ID
78th Mining and Energy Anniversary, MIND ID./dok. MIND ID

Bloomberg Technoz, Jakarta – Nyaris bersamaan dengan sinyal dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bahwa negosiasi harga 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) kepada PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) ditargetkan rampung pekan ini, holding penambang pelat merah itu dikabarkan tengah mencari pinjaman pihak ketiga senilai US$2 miliar (sekitar Rp31,28 triliun).

Menurut sumber Bloomberg yang mengetahui masalah tersebut, MIND ID tengah mengajukan proposal pinjaman senilai dengan nominal tersebut. Induk seluruh BUMN pertambangan itu dikabarkan berencana memakai sebagian dana yang diajukan itu untuk melunasi utang eksisting.

Kemungkinan besar, ungkap sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya tersebut, dana tersebut juga akan digunakan untuk mengakuisisi saham INCO.

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

MIND ID memiliki saham di beberapa perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang komoditas mineral logam mulai dari aluminium hingga nikel, tembaga, dan emas. Fitch Ratings dalam laporannya November 2023 memperkirakan MIND ID akan terus berinvestasi di proyek hilirisasi, sehingga belanja modal dan arus keluar perusahaan untuk aksi akuisisi kemungkinan besar akan meningkat.

Dalam kaitan itu, MIND ID dikabarkan sedang mencari tawaran dalam waktu satu bulan. Setelah mempertimbangkan proposal pinjaman, perusahaan mungkin – tergantung pada harganya – memilih pinjaman atau obligasi, atau keduanya, kata dua narasumber tersebut.