Logo Bloomberg Technoz

Rusia dan China Kompak Serang AS di DK PBB

Redaksi
07 February 2024 12:20

Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. (Dok Bloomberg)
Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rusia dan China kompak mengecam Amerika Serikat (AS) selama pertemuan Dewan Keamanan PBB. Kedua negara sohib Iran ini tidak terima AS mengacak-acak Timur Tengah seperti yang terjadi belakangan ini.

Melansir AFP, Rabu (7/2/2024), militer AS menyerang puluhan target yang dikaitkan dengan Iran di wilayah Irak dan Suriah dari Jumat (2/2) malam hingga Sabtu (3/2) lalu. Serangan ini dilakukan sebagai tindak balas atas serangan drone yang membunuh tiga tentara AS di pangkalan Yordania pada 28 Januari lalu.

Kekhawatiran bahwa perang di Jalur Gaza antara Israel dan Hamas dapat berkembang menjadi konflik regional telah muncul sebagai akibat dari serangan udara AS yang menargetkan unit pasukan elit Iran dan kelompok milisi yang didukung Teheran.

"Sudah jelas bahwa serangan udara Amerika secara spesifik, secara sengaja bertujuan untuk mengobarkan konflik," tuding Duta Besar Rusia untuk PBB, Vasily Nebenzia, dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB yang digelar Senin (5/2) waktu setempat. Pertemuan itu diusulkan oleh Moskow.

Respons PBB