Logo Bloomberg Technoz

Lili Romli Sebut Tiga Skenario Kalahkan Prabowo-Gibran di Pemilu

Dovana Hasiana
07 February 2024 13:50

Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat kelima di JCC, Minggu (4/2/2024). (Dok: Bloomberg)
Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat kelima di JCC, Minggu (4/2/2024). (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli menilai ada tiga skenario yang bisa mencegah atau menumbangkan pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024. Dia mengklaim, tanpa tiga keadaan tersebut, Prabowo-Gibran dipastikan menang pada putaran pertama atau pun kedua. 

Kondisi pertama, kata dia, bisa terjadi jika generasi milenial dan generasi Z atau Gen Z tak memberikan hak suara pada hari pencoblosan. Jumlah pemilih dari kategori usia ini tercatat mencapai sekitar 55% pada Pemilu 2024.

Sesuai aturan, pemilihan umum dikategorikan tak sah jika jumlah pemilih yang tak memberikan suara atau golput (golongan putih) mencapai lebih dari 50%. 

"Kita harapannya hanya generasi milenial saat ini tidak datang ke TPS. Tidak memberikan hak suaranya," kata Romli dalam diskusi Economic Outlook Bloomberg Technoz, Rabu (7/2/2024).

Akan tetapi, Romli pun tak yakin fenomena golput dalam jumlah besar akan terjadi pada Pemilu 2024.

Peneliti Senior BRIN,Lili Romli. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)