Logo Bloomberg Technoz

6 Tambang Nikel Terbesar di Indonesia, Maluku Utara Mendominasi

Sultan Ibnu Affan
05 February 2024 14:50

Lokasi penambangan nikel yang dioperasikan Harita Nickel di Pulau Obi, Maluku Utara./Bloomberg-Dimas Ardian
Lokasi penambangan nikel yang dioperasikan Harita Nickel di Pulau Obi, Maluku Utara./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta – Maluku Utara menjadi provinsi dengan rekor pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia pada 2023, dengan capaian melampaui rerata nasional.

Hari ini, Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan pertumbuhan ekonomi 2023 tertinggi ada di Provinsi Maluku Utara yaitu 20,49% year on year  (yoy), disusul Sulawesi Tengah dengan 11,91% yoy.

Sudah rahasia umum bahwa kedua provinsi tersebut merupakan basis industri hulu ke hilir pertambangan nikel di Indonesia. Bahkan, menurut klaim Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti, nikel adalah penyebab pertumbuhan ekonomi keduanya begitu cemerlang.  

“Industri yang memang cukup besar di kedua provinsi tersebut adalah berasal dari industri olahan barang tambang terutama feronikel. Jadi, jika ditarik kesimpulan, industrialisasi atau program hilirisasi nikel memang memberikan dampak pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi di sana,” kata Amalia, Senin (5/2/2024).

Dari kedua provinsi tersebut, Indonesia kini menjadi negara penghasil nikel terbesar di dunia, dengan perkiraan cadangan yang sangat melimpah.