Logo Bloomberg Technoz

AS Lancarkan 2 Serangan Terpisah ke Target-target Houthi di Yaman

News
01 February 2024 17:10

Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)
Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)

Paul Wallace dan Mohammed Hatem - Bloomberg News

Bloomberg, AS melancarkan dua serangan terpisah terhadap target-target Houthi di Yaman dan mencegat sebuah rudal yang ditembakkan oleh kelompok yang didukung oleh Iran tersebut, sementara dampak dari perang Israel-Hamas terus mengguncang wilayah tersebut.

Pasukan Amerika menghancurkan sebuah rudal permukaan-ke-udara Houthi yang mereka katakan sedang dipersiapkan untuk diluncurkan sekitar pukul 15:30 waktu Yaman pada Rabu. Menurut Komando Pusat AS, lima jam kemudian, kapal perusak USS Carney mencegat rudal anti-kapal Houthi yang ditembakkan ke arah Teluk Aden dan juga menembak jatuh tiga pesawat tak berawak di daerah tersebut.

Kemudian, pada pukul 1:30 pagi, AS menyerang apa yang dikatakannya sebagai stasiun pengendali drone dan 10 drone satu arah di daerah yang dikuasai Houthi di Yaman.

Peta Timur Tengah (Dok: Bloomberg)

"Mereka memberikan ancaman yang segera terjadi pada kapal-kapal dagang dan kapal-kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut," kata Centcom, yang bertanggung jawab atas pasukan AS di Timur Tengah dan beberapa bagian Asia, mengenai insiden tersebut.