Logo Bloomberg Technoz

Terungkap Alasan Bos GOTO Mau Lepas 75,01% Tokopedia ke TikTok

Redaksi
26 January 2024 15:25

CEO GOTO Patrick Walujo. (Dok. GOTO)
CEO GOTO Patrick Walujo. (Dok. GOTO)

Bloomberg Technoz, Jakarta - CEO PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Walujo kembali menegaskan bahwa aliansi bersama TikTok, dengan melepas mayoritas unit bisnis Tokopedia adalah pilihan terbaik.

Ia menjadi pihak yang mendorong terwujudnya kerja sama ini, meski Patrick juga mendengar banyak kritik perihal kesepakatan jual beli saham dan kerja sama hingga 75,01% porsi PT Tokopedia harus berpindah ke perusahaan yang terafiliasi dengan ByteDance, China.

“Apa yang saya hadapi saat itu adalah pilihan untuk bertahan atau tidak, memang kematiannya akan perlahan-lahan namun pasti. Orang bilang kenapa mau memberikan 75% saham untuk uang, banyak kritik dari kesepakatan [GOTO bersama Tiktok],” jelas dia pada acara PEVC Summit, dilansir Jumat (26/1/2024).

Aliansi yang berujung pelepasan kendali atas salah satu platform besar e-commerce di Indonesia, Tokopedia, merupakan peluang untuk tumbuh bersama, Patrick  berpandangan. Jika bertarung sendirian justru yang terjadi pasar Tokopedia pelan-pelan akan tergerus.

“Kami akan kehilangan lebih banyak lagi pangsa pasar jika kami tidak melakukan apa pun,” papar dia.