Logo Bloomberg Technoz

GOTO Raup Rp675 M per Tahun dari Service Fee Tokped & Tiktok

Donald Banjarnahor
14 December 2023 10:20

Patrick Walujo, Cofounder & Managing Partner Northstar Group. Foto: Indra Leonardi
Patrick Walujo, Cofounder & Managing Partner Northstar Group. Foto: Indra Leonardi

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan mendapatkan pendapatan dari service fee dari setiap gross merchandise value (GMV) yang dihasilkan oleh PT Tokopedia.

Jumlah service fee yang diraih diprediksi tidak kurang dari Rp675 miliar pertahun, dengan risiko yang sangat rendah karena beban Tokopedia tidak terkonsolidasi di GOTO.

Hal tersebut terungkap dalam presentasi Investor Update yang dipublikasikan oleh GOTO pada hari ini, Kamis (14/12/2023).

Dalam presentasi tersebut menjelaskan mengenai investasi TikTok di Tokopedia. Salah satu klausul dalam kerja sama tersebut adalah GOTO akan mendapatkan service fee dari gross merchandise value (GMV) dari Tokopedia. Biaya ini akan dibayarkan oleh Tokopedia setiap kuartalan dan akan masuk ke pendapatan GOTO.

Presentasi menjelaskan bahwa GMV TikTok Shop dan Tokopedia mencapai US$2,9 miliar pada kuartal III-2023. Dengan angka acuan tersebut, maka GOTO berpotensi mendapatkan service fee sebesar US$11,4 juta pada setiap kuartal atau tidak kurang dari US$45 juta (Rp675 miliar) setiap tahunnya dari Tokopedia. Dengan hitungan sederhana, service fee setara dengan 40bps dari total GMV.