Logo Bloomberg Technoz

Hari Gizi Nasional, Ini 2 Pesan Menkes untuk Cegah Stunting

Septiana Ledysia
25 January 2024 11:00

Menkes Budi G. Sadikin dalam acara peluncuran whitepaper Genomics: Leapfrogging into the Indonesian healthcare future (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Menkes Budi G. Sadikin dalam acara peluncuran whitepaper Genomics: Leapfrogging into the Indonesian healthcare future (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Memperingati Hari Gizi Nasional, kementerian kesehatan RI mengedepankan pencegahan stunting. Menkes Budi Gunadi Sadikin pun memberikan dua pesan kepada kepala daerah.

“Stunting saya pesannya cuman dua yaitu intervensi spesifik pada ibu sejak remaja dengan memberikan tablet tambah darah. Lalu pada anak usia 6-24 bulan dengan memberikan protein hewani pada MPASI,” ujar Menteri Budi seperti dilansir dari website Kemenkes, Kamis (25/1/2024).

Menkes Budi menjelaskan stunting merupakan kurang gizi yang mengakibatkan rendahnya IQ anak sebesar 20% di bawah rata-rata. Dengan demikian jika dilihat dari sudut pandang pendapatan daerah, apabila SDM di suatu daerah memiliki IQ rendah maka pendapatan daerah akan rendah juga.

Karena masalahnya adalah jika seseorang dengan intelektual rendah maka dia tidak bisa bekerja dengan profesi yang lebih tinggi yang menghasilkan income yang juga lebih tinggi.

“Jadi kalau kita mau maju, pendapatannya tinggi, jangan sampai stunting. Karena kalau stunting itu intelektualnya 20% lebih rendah,” ucap Menkes Budi.