Logo Bloomberg Technoz

Serba-serbi Food Estate, Lumbung Pangan yang Dicap Gagal

Redaksi
25 January 2024 09:30

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung ladang jagung yang ada di kawasan food estate, di Papua (Dok. Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung ladang jagung yang ada di kawasan food estate, di Papua (Dok. Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Program Food Estate tengah menjadi perbincangan usai calon wakil presiden nomor urut 01 dan 03, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD, kompak menilai bahwa proyek lumbung pangan itu gagal dan merusak lingkungan. 

"Jangan misalnya seperti Food Estate yang gagal dan merusak lingkungan, yang benar saja, rugi dong kita," ujar Mahfud dalam debat cawapres ke-4, Minggu (21/1/2024) malam. 

Sehari setelahnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengeluarkan pernyataan pembelaan bahwa Food Estate yang sedang dikerjakan di beberapa daerah telah berjalan baik dan sesuai target.

“Food Estate ini bukan proyek instan, butuh proses. Kenyataannya kita memiliki 10 juta hektare yang sebelumnya tidak dimanfaatkan untuk lahan pertanian. Kami sekarang menggarap itu, butuh proses, butuh teknologi agar menjadi lahan produktif,” jelas Amran dalam siaran pers.

Terakhir, Amran kembali mengklaim bahwa Food Estate yang berlokasi di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah telah berhasil membuahi hasil. Keberhasilan itu ditandai dengan adanya hasil ubinan panen jagung yang diklaim mencapai 6,5 ton per hektare.

Jagung di lahan pertanian di Subang, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)