Logo Bloomberg Technoz

Food Estate Dicecar, Mentan Klaim Gunung Mas Lagi Panen Jagung

Sultan Ibnu Affan
24 January 2024 17:10

Proyek Food Estate di Kalimantan Tengah, 2021. (Foto: ekon.go.id)
Proyek Food Estate di Kalimantan Tengah, 2021. (Foto: ekon.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengeklaim lahan Food Estate yang berlokasi di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah telah berhasil membuah hasil. Keberhasilan itu ditandai dengan adanya hasil ubinan panen jagung yang diklaim mencapai 6,5 ton per hektare.

Dia mengatakan, panen jagung tersebut membuktikan bahwa teknologi pertanian yang diterapkan telah tepat dan sesuai dengan harapan, meski tak membeberkan kapan waktu panen itu dilakukan.

"Dari awal kami sampaikan saat baru dilantik menjadi menteri kembali, bahwa kita pasti mampu menggarap lahan Food Estate tersebut. Kami tidak ragu karena teknologi pertanian kita sudah demikian maju. Kami harapkan segera dapat diikuti panen-panen selanjutnya,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (24/1/2024).

Amran mengatakan, lahan Food Estate Gunung Mas itu juga terbilang sangat potensial. Pemerintah, kata dia, pasti mampu melakukan upaya transformasi teknologi di lokasi tersebut, sekaligus mengisyaratkan potensi pembukaan lahan baru.

"Lahan ini sudah mampu memberikan produksi yang baik. Kuncinya adalah penggunaan benih yang unggul, irigasi dan pemupukan yang optimal. Kita lihat hasilnya saat ini" kata dia.

Tanaman jagung. (Dado Galdieri/Bloomberg)