Logo Bloomberg Technoz

"Wang dan saya telah bersama dalam jalur kewirausahaan selama hampir 20 tahun. Karena ia bertekad untuk menghadapi gelombang besar ini, saya harus mendukungnya."

Pengumuman tersebut muncul beberapa hari setelah regulator China mengatakan berencana memperkenalkan aturan untuk mengatur penggunaan AI di berbagai industri. Pengenalan peraturan ini kemungkinan dimaksudkan untuk memastikan layanan seperti ChatGPT menaati sensor Partai Komunis China yang tidak dapat dinegosiasikan atas konten online yang kontroversial atau tidak diinginkan.

Tapi itu juga bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan seperti Baidu Inc., memberikan aturan dasar yang lebih jelas untuk layanan di masa depan. Saham Baidu melonjak setelah Bloomberg News pertama kali melaporkan rencana untuk layanan chat bot seperti ChatGPT.

Sejak itu, perusahaan telah menegaskan kembali peluncuran chatbot "Ernie Bot" pada bulan Maret. Ada pula Alibaba Group Holding Ltd. yang mengatakan bahwa sedang berupaya untuk mengintegrasikan AI generatif di beberapa produknya.

Perusahaan China terkenal lainnya, termasuk broker China International Capital Corp., juga sudah bereksperimen dengan potensi dan keterbatasan teknologi tersebut.

Wang, yang membangun Meituan menjadi layanan pengiriman makanan terbesar di dunia, sebelumnya berbicara tentang manfaat penerapan AI di internet. Wang pertama kali menyatakan niatnya untuk membangun layanan seperti ChatGPT bulan lalu, tanpa mengungkapkan detailnya.

(bbn)

No more pages