Logo Bloomberg Technoz

Slovenia

Berada di puncak indeks WPS untuk Eropa Tengah dan Timur, Slovenia telah membuat kemajuan besar dalam persepsi keamanan wanita dalam beberapa tahun terakhir, dengan 85% wanita merasa aman di sini, menurut indeks tersebut.

Para pengunjung bisa mendatangi Sungai Soča yang berwarna biru toska, yang terletak di sisi barat negara ini dekat perbatasan Italia dan menjadi lokasi pengambilan gambar untuk Chronicles of Narnia. 

Sementara para pendaki dapat menikmati berjalan-jalan damai di sepanjang sungai, bahkan mereka yang bepergian dengan mobil dapat berhenti sejenak untuk menjelajahi jembatan gantung pejalan kaki yang tergantung tinggi di atas sungai.

Rwanda

Dengan 55% dari anggota parlemen yang terdiri dari perwakilan wanita, Rwanda menempati peringkat pertama di dunia untuk kesetaraan gender di parlemen menurut indeks WPS. 

Rwanda juga menduduki peringkat tinggi dalam persepsi keamanan masyarakat di indeks tersebut, dan menempati peringkat keenam di dunia dalam indeks Kesenjangan Gender Global, yang mengukur seberapa adil suatu negara dalam hal ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan partisipasi politik.

Negara ini memiliki berbagai monumen, tetapi Hansen menyarankan pengunjung mengalami Kigali Genocide Memorial di ibu kota, yang tidak hanya menunjukkan sejarah genosida di sini, tetapi juga contoh-contoh lain di seluruh dunia dan bahaya yang masih dihadapi dunia dari ancaman ini.

Meskipun mahal, mengunjungi gorila pegunungan negara ini adalah keharusan bagi setiap pelancong; tetapi Hansen juga merekomendasikan Taman Nasional Nyungwe di barat daya dan Taman Nasional Volcanoes di utara untuk melihat monyet, atau Taman Nasional Akagera di timur untuk safari.

Uni Emirate Arab

Dengan skor tertinggi dalam indeks WPS di Timur Tengah dan Afrika Utara untuk pendidikan wanita dan inklusi keuangan, Uni Emirat Arab terus menjadi pemimpin kesetaraan gender di wilayah tersebut, dan baru-baru ini mencapai paritas gender di parlemennya. Negara ini juga menempati peringkat tertinggi dari semua negara dalam kategori keamanan masyarakat, dengan 98,5% wanita berusia 15 tahun ke atas melaporkan bahwa mereka "merasa aman berjalan sendirian di malam hari di kota atau daerah tempat [mereka] tinggal".

Dubai, khususnya, telah dinilai sebagai kota paling aman untuk pelancong wanita solo berdasarkan indeks yang disusun oleh perusahaan asuransi perjalanan Insure My Trip. Pengaruh Sandy Aouad, yang membagi waktunya antara Paris dan Dubai, mengatakan bahwa dia selalu merasa aman di kota tersebut, bahkan di pinggiran. "Suatu kali saya mendapat ban kempes, saya meninggalkan mobil saya di tengah padang pasir, tidak terkunci dengan kunci di dalamnya," katanya. "Saya tahu sepenuhnya bahwa saya bisa mempercayai taksi akan datang menjemput saya, dan saya yakin mobil akan aman."

Bagi pelancong solo, ia merekomendasikan untuk memesan safari di padang pasir karena itu adalah cara mudah untuk bertemu berbagai orang menarik. Tetapi jika Anda merasa lebih berpetualang, dia pribadi menyukai melakukan skydiving di atas Palm Dropzone.

Jepang

Merupakan salah satu dari sepuluh negara teraman di dunia menurut Indeks Perdamaian Global berkat tingkat kejahatan kekerasan yang sangat rendah dan jumlah konflik eksternal atau internal yang rendah, Jepang memiliki budaya kereta bawah tanah khusus wanita (selama waktu dan rute tertentu) dan akomodasi khusus wanita yang dapat membuat wanita yang bepergian sendirian merasa lebih aman.

Lulu Assagaf, yang pindah ke Jepang dari Indonesia 20 tahun yang lalu, merasa aman di sini sejak awal. "Orang lokal membuat Anda merasa di rumah dan senang membantu orang asing," kata Assagaf, yang sekarang bekerja sebagai pemimpin tur untuk Intrepid Travel. Jika Anda bepergian ke daerah pedesaan, bagaimanapun, ia merekomendasikan untuk pergi dengan seorang pemandu karena kemungkinan berbicara dalam bahasa Inggris lebih rendah.

Karena makan sendiri adalah norma di sini, Assagaf merekomendasikan untuk menjelajahi scene kuliner, terutama di Kyoto, Osaka, dan Tokyo. Tempat favoritnya di Tokyo adalah daerah Shinjuku San-Chome, yang memiliki banyak restoran, kehidupan malam, dan izakaya lokal (versi Jepang dari sebuah pub).

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi di luar tempat-tempat wisata khas, ia merekomendasikan kota pantai Kanazawa, yang dikenal sebagai rumah para samurai; dan Takayama di Pegunungan Alpen Jepang. 

Norwegia

Menempati peringkat pertama dalam WPS berkat skor tertinggi dalam inklusi keuangan wanita, absennya diskriminasi hukum, dan keamanan masyarakat wanita - dan secara konsisten masuk dalam 10 besar negara paling setara gender dan paling bahagia di dunia - Norwegia terbukti menjadi tempat inklusif bagi pelancong dari berbagai jenis, termasuk LGBTQ+ dan pengunjung solo.

Torunn Tronsvang, penduduk Oslo dan pendiri Up Norway, mencatat bahwa budaya di sini bersifat sosial toleran dan penuh kepercayaan, menjadikannya tempat yang ideal untuk perempuan yang bepergian sendirian. "Anda dapat dengan nyaman meminta seseorang di meja kafe sebelah untuk menjaga barang-barang Anda saat Anda menggunakan toilet," katanya. Dia juga bangga dengan seberapa banyak bisnis di sini yang dikelola oleh perempuan, yang telah menciptakan tempat-tempat ikonik untuk makan dan menginap di daerah pedesaan di seluruh negeri.

Dengan laporan dari NASA yang mengindikasikan peningkatan aktivitas matahari hingga tahun 2025, ini bisa menjadi waktu yang ideal untuk melihat Aurora Borealis dengan perjalanan Arktik, berselancar anjing dan berjalan bersalju di siang hari, serta menginap di iglu keluarga dan hotel es pada malam hari.

(spt)

No more pages