Logo Bloomberg Technoz

Bowman: Rencana Modal Bank The Fed Butuh Perubahan Substantif

News
18 January 2024 09:10

Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve (the Fed) Michelle Bowman. (Dok. Bloomberg)
Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve (the Fed) Michelle Bowman. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve, Michelle Bowman, mengatakan bahwa proposal The Fed untuk meningkatkan modal pemberi pinjaman membutuhkan perubahan yang signifikan dan perlu meminta komentar mengenai rencana tersebut yang telah direvisi. Hal ini akan menunda finalisasi proposal tersebut.

Bowman menyatakan optimis bahwa para pejabat dapat mencapai kompromi yang mendapatkan dukungan yang lebih luas untuk rencana tersebut. Namun, rekan Bowman, Christopher Waller, menyarankan bahwa proposal tersebut membutuhkan perombakan besar-besaran dan mungkin harus dibatalkan.

Dalam sambutannya di hadapan Kamar Dagang AS di Washington, Bowman mengakui adanya penolakan yang signifikan terhadap peraturan tersebut dari berbagai pihak. Oleh karena itu, lembaga-lembaga terkait perlu memikirkan dengan hati-hati jalan terbaik ke depan.

Pada Juli, regulator federal meluncurkan sebuah rencana yang menetapkan bahwa para pemberi pinjaman terbesar harus meningkatkan tingkat modal mereka sebesar 19%. Rencana ini bertujuan untuk mencegah kegagalan bank di masa depan dan krisis keuangan lainnya.

Namun, sejak itu, para regulator telah menghadapi kampanye lobi yang kuat dari pihak-pihak di Wall Street. Bank-bank berpendapat bahwa rencana ini melebih-lebihkan kebutuhan akan modal pemberi pinjaman dan dapat membuat mereka kurang kompetitif dan memengaruhi daya saing mereka.