Logo Bloomberg Technoz

Kapal Komersial Kembali Ditembak Drone di Laut Merah

News
18 January 2024 05:40

Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)
Houthi menaiki kapal Galaxy Leader di Laut Merah pada 20 November 2023. (Fotografer: Handout/Getty Images)

Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg, Satu lagi kapal komersial ditembak pesawat tak berawak di sebelah Selatan Yaman. Insiden ini menjadi yang ketiga dalam beberapa hari terakhir dan semakin menunjukkan bahaya besar bagi kapal-kapal untuk melintasi Laut Merah -- salah satu jalur perairan paling vital di dunia.

Angkatan Laut Inggris menyebut, serangan tersebut terjadi sekitar 60 mil atau 97 kilometer sebelah Tenggara Aden, Yaman. Perusahaan intelijen, Ambrey Analytics and Diaplous mencatat serangan tertuju pada sebuah kapal pengangkut komoditas curah. 

Sejak akhir pekan lalu, Angkatan Laut Amerika Serikat dan sebuah badan perdagangan utama telah memberi tahu kapal-kapal dagang bahwa keamanan di Laut Merah bagian selatan masih belum stabil dan disarankan untuk menghindari daerah tersebut. AS dan Inggris pun masih melakukan perlawanan terhadap pemberontak Houthi di Yaman, yang menjadi dalang penyerangan kapal-kapal dagang sebagai bentuk protes atas berlanjutnya perang Israel dengan Hamas. 

Hasilnya adalah gangguan yang semakin meluas pada pelayaran global. Sebagian besar armada kontainer dunia berlayar ribuan mil ke sekitar Afrika, dari pada melintasi Laut Merah.