Logo Bloomberg Technoz

“Harapannya adalah untuk membuat pernyataan tegas tentang garis dasar guna menutupi sisi politik,” kata Wen-ti Sung, ilmuwan politik dengan Program Studi Taiwan Universitas Nasional Australia. “Setelahnya, Xie kemudian dapat fokus pada area kepentingan bersama, dan mendorong perbaikan hubungan AS-China.”

Ada banyak hal yang dipertaruhkan dalam pemilu 13 Januari nanti karena akan menentukan arah hubungan lintas Selat. Lai Ching-te, yang saat ini menjabat sebagai wakil presiden dalam pemerintahan Partai Progresif Demokratik — merepresentasikan dirinya sebagai kandidat penerus, tanpa rencana untuk mengganggu hubungan dengan Beijing.

Lawan-lawannya — Hou Yu-ih dari Kuomintang dan Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan — keduanya menjanjikan langkah pragmatis untuk memperbaiki hubungan dengan tetangga raksasa Taiwan, tanpa mengorbankan kemerdekaan de facto pulau tersebut.

Kegelisahan meningkat di seluruh Taiwan menjelang pemilu. Kementerian pertahanan di Taipei mengeluarkan peringatan serangan udara atas peluncuran satelit China pada Selasa, meningkatkan kekhawatiran bahwa hal itu bisa menjadi bagian dari upaya Beijing untuk mengganggu para pemilih di Taiwan.

Namun, hubungan antara Washington dan Beijing berada pada kondisi yang lebih baik daripada tahun 2022. Dalam beberapa bulan sejak Biden dan Xi bertemu, kedua negara telah memulihkan perbincangan militer. Pejabat pertahanan AS mengatakan China telah membatasi aktivitas berbahaya di udara dan laut, dan Xi bahkan menyarankan Beijing akan mengirim panda kembali ke kebun binatang Amerika sebagai "utusan persahabatan."

AS dan China menandai 45 tahun hubungan diplomatik tahun ini. Dalam gala makan malam untuk merayakan tonggak sejarah tersebut di Beijing minggu lalu, Menteri Luar Negeri Wang Yi menegaskan kembali niat negara untuk mengizinkan lebih banyak siswa Amerika belajar di China, dan mengatakan seekor panda raksasa mungkin tiba di California pada akhir 2024.

"Kami tidak punya niat untuk menggantikan atau memerintah siapa pun — dan apalagi untuk mencari hegemoni," kata Wang kepada hadirin, yang termasuk David Meale, diplomat nomor 2 di kedutaan AS di Beijing.

Bendera Taiwan (Sumber: Bloomberg)

Ketidakpastian Taiwan

Pemilihan Taiwan memang memicu ketegangan politik dan ketidakpastian. Kementerian Perdagangan Beijing pada Selasa mengatakan bahwa pihak berwenang sedang mempertimbangkan untuk menangguhkan konsesi tarif untuk beberapa produk yang diimpor dari pulau itu, menyusul kegagalan DPP yang berkuasa untuk mencabut pembatasan terhadap China.

Namun, dampak penerapan kembali tarif kemungkinan akan kecil. Ketika Beijing mengakhiri penangguhan pungutan untuk beberapa bahan kimia bulan lalu, kementerian ekonomi Taiwan berpendapat bahwa bea tersebut hanya memengaruhi 1,3% dari total ekspornya ke China.

Selain itu, ekonomi pulau itu juga semakin tidak bergantung pada China sebagai tujuan. Menurut data resmi, ekspor ke China turun 18% tahun lalu dan terhitung 35% dari total pengiriman Taiwan, terendah dalam dua dekade.

Beijing belum menunjukkan akan mengambil tindakan yang lebih agresif. Ketika ditanya pada Selasa tentang bagaimana Beijing akan bereaksi terhadap kemenangan Lai dari DPP, seorang diplomat senior China menolak untuk merinci langkah apa yang mungkin diambil negara itu. Liu Jianchao — kepala Departemen Internasional Komite Sentral Partai Komunis — hanya mengatakan sikap China terhadap Taiwan “jelas, kuat, dan tidak berubah.”

Rick Waters, direktur pelaksana praktik China di Eurasia Group, mengatakan strategi Beijing akan lebih bersifat paksaan.

“Saya rasa kita tidak berada di ambang konflik dengan Taiwan,” kata Waters dalam wawancara Bloomberg TV minggu ini. “Ini akan menjadi upaya untuk membawa masalah Taiwan ke arah yang diinginkan Beijing melalui tindakan selain perang.”

(bbn)

No more pages