Logo Bloomberg Technoz

Teguran Kementerian BUMN untuk KAI Usai Insiden KA Turangga

Mis Fransiska Dewi
08 January 2024 11:30

Kecelakaan KA Turangga dengan Commuterline Bandung Raya di km 181+700, Cicalengka, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). (Dok. Basarnas Jawa Barat)
Kecelakaan KA Turangga dengan Commuterline Bandung Raya di km 181+700, Cicalengka, Jawa Barat, Jumat (5/1/2024). (Dok. Basarnas Jawa Barat)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Kementerian BUMN, Rabin Indrajad Hattari mengatakan, insiden kecelakaan Kereta Api yang terjadi pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 5 Januari 2024 lalu menjadi pelajaran bagi PT KAI ke depan untuk terus memperbaiki standar kualitas pelayanan di sektor transportasi kereta. 

“Sebagai bentuk komitmen Kementerian BUMN untuk masyarakat Indonesia, ke depan PT KAI akan terus didorong untuk meningkatkan keselamatan sebagai salah satu unsur utama dari pelayanan kepada masyarakat,” kata Rabin dalam keterangan resmi, Senin (8/1/2024).

Dari insiden ini, kata Rabin, harapannya KAI terus melakukan peningkatan berkelanjutan dalam pengelolaan trasnportasi kereta di Indonesia. Selain itu, seluruh pihak juga berkolaborasi untuk menyediakan transportasi publik yang aman, nyaman, dan berkualitas prima bagi masyarakat.

Dari total penumpang KA Turangga sebanyak 287 orang dan KA Commuterline sebanyak 191 penumpang, tidak ada korban meninggal.

Sekitar 33 penumpang mengalami luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit terdekat, untuk mendapat perawatan dan saat ini sebagian sudah kembali ke rumahnya masing-masing.