Logo Bloomberg Technoz

Debat Capres

Anies Kritik Kemenhan, Anggaran Rp700T, Tapi Situs Dibobol Hacker

Pramesti Regita Cindy
07 January 2024 19:48

Anies Debat Capres 7 Januari 2024 (Tangkapan Layar Youtube KPU RI)
Anies Debat Capres 7 Januari 2024 (Tangkapan Layar Youtube KPU RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memulai debat capres ketiga dengan mengkritik Kementerian Pertahanan di bawah pemeritanhan Prabowo Subianto.

Tanpa menyebut nama Prabowo, Anies mengatakan anggaran Kementerian Pertahanan senilai Rp700 triliun ternyata hanya untuk membeli alat utama sistem pertahanan (alusista) bekas. Dia juga mengkritik Kementerian Pertahanan yang berhasil dibobol serangan siber oleh hacker.

"Lebih jauh lagi ironisnya kementerian pertahanan menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker 2023 , sebuah ironi. Karena itu kita ingin mengembalikan dan 700 triliun anggaran kementerian pertahanan tidak bisa mempertahankan itu, justru digunakan untuk membeli alat-alat alutsista yang bekas di saat tentara kita lebih dari separuh tidak memiliki rumah dinas," ujar Anies, tanpa menyebut nama Prabowo.

Sementara itu, kata Anies mengatakan Menterinya (Menteri Pertahanan) punya 320 Hektar lahan di negeri ini. "Ini harus diubah, tambah lagi food estate singkong yang menguntungkan kroni, merusak lingkungan dan tidak menghasilkan, ini harus diubah," ujarnya.