Logo Bloomberg Technoz

Hasil Pertemuan Kemendag & Daihatsu usai Skandal Uji Keselamatan

Angga Indrawan
31 December 2023 08:30

Daihatsu Rocky di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, JCC Senayan, Jumat (10/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Daihatsu Rocky di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, JCC Senayan, Jumat (10/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) bertemu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk meminta klarifikasi berkaitan gaduh skandal Daihatsu. Berikut hasil pertemuan Kemendag dengan Daihatsu Indonesia.

Kemendag menyebut pertemuan tersebut telah berlangsung di kantor Kementerian Perdagangan, Jumat (29/12).

“Kemendag meminta klarifikasi PT ADM  terkait maraknya  pemberitaan dugaan skandal uji  keselamatan  kendaraan Daihatsu. Kemendag meminta PT ADM lebih memperhatikan kendaraan bermotor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia agar aman digunakan oleh konsumen Indonesia," ungkap Dirjen PKTN Moga Simatupang, dalam keterangannya, kemarin.

"Sebagai ketegasan pemerintah dalam perlindungan konsumen, Kemendag akan terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha akan pentingnya keamanan dan keselamatan produk yang diperdagangkan,” ujarnya menegaskan.

Moga menyatakan Ditjen  PKTN  berwenang memastikan  terpenuhinya  kewajiban  pelaku  usaha terhadap  keselamatan  konsumen  atas barang yang diperdagangkan di Indonesia. Dalam  hal  ini, kendaraan  bermotor yang  dipasarkan PT ADM berkaitan  erat  dengan  keamanan,  kenyamanan,dan keselamatan konsumen.