Logo Bloomberg Technoz

Saham LQ45 Ini Tuai Cuan di 2023, Ada Dua Saham Prajogo Pangestu

Muhammad Julian Fadli
29 December 2023 17:15

Patung Bullish IHSG di Bursa Efek Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)
Patung Bullish IHSG di Bursa Efek Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kinerja saham-saham yang termasuk dalam indeks LQ45 sepanjang 2023 menunjukkan tren positif, dengan keberhasilan menguat 3,56%. Tidak hanya itu, beberapa saham konstituen LQ45 bahkan ada yang mengalami kenaikan signifikan mencapai angka triple digit.

Saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dari Grup Barito milik Prajogo Pangestu misalnya. Berdasarkan data Bloomberg, Jumat (29/12/2023) penutupan perdagangan tahun, saham TPIA meroket 104,78%. 

Perusahaan penyedia produk Petrokimia untuk sejumlah industri manufaktur di Indonesia ini gencar diborong investor sepanjang 2023, seiring dengan optimalisasi peluang dari momentum pemulihan permintaan.

Pergerakan Saham TPIA secara Year to Date (Bloomberg)

Adapun, pemicu saham TPIA yang tengah dalam tren bullish ini tersengat sentimen atas kenaikan volume penjualan Petrokimia Perusahaan di sepanjang sembilan bulan pertama tahun 2023 mencapai 1.608 KiloTon (KT), meningkat dari sebelumnya 1.568 KT pada periode yang sama pada tahun lalu.

TPIA juga terus melanjutkan ekspansi pabrik caustic soda and ethylene dichloride yang diumumkan sebelumnya untuk mendukung pengembangan industri hulu aluminium dan percepatan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) yang berkelanjutan.