Logo Bloomberg Technoz

Pada praktik korupsi proyek BTS ini negara menelan kerugian hingga Rp8,032 triliun. Namun, Jokowi mengapresiasi kominfo karena masih memiliki percaya diri untuk menyelesaikan tugas meski dengan waktu hanya sekitar empat bulan.

“Kominfo sudah bekerja lagi, memiliki rasa percaya diri dan buktinya setelah dikejar empat bulan lebih sedikit juga bisa diselesaikan masalah-masalah yang ada,” papar dia.

Jokowi menjalani kunjungan kerja di Talaud sekaligus meresmikan operasi sinyal BTS 4G BAKTI dan akses internet di desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Selain itu Jokowi meresmikan pengoperasian dan integrasi Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1).

Menkominfo Budi Arie menyatakan bahwa hingga pertengahan bulan Desember 2023 pemerintah telah mengoperasikan secara penuh 4.988 BTS di wilayah 3T, dari target total 5.618 BTS. Penyelesaian proyek, diklaim Budi Arie, terkendala salah satunya kondisi geografis.

Ilustrasi Proyek Base Transceiver Station 4G BAKTI Kementerian Kominfo. (Dok: baktikominfo.id)

“Ada sisa 630 lokasi bisa yang memang berpotensi di-carry over tahun depan karena pertimbangan keamanan, faktor geografi yang sulit dijangkau dan sebagainya,” kata Budi Arie. “Jadi, kita melibatkan multistakehoders untuk menyelesaikan pembangunannya. Kita terus merembukkan supaya akses telekomunikasi terutama untuk masyarakat di daerah 3T, bisa memiliki konektivitas, mendapat pelayanan untuk menggunakan internet.”

(fik/wep)

No more pages