Logo Bloomberg Technoz

B40 Diuji 2024, Serapan CPO untuk Biodiesel Geser Sektor Pangan

Sultan Ibnu Affan
21 December 2023 18:20

Biodiesel berbasis minyak kelapa sawit. (Dok. Bloomberg)
Biodiesel berbasis minyak kelapa sawit. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) menyebut tingginya permintaan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk bahan baku biodiesel bakal menggeser kebutuhan untuk pangan, terutama setelah B40 diuji coba pada 2024.

Akan tetapi, Ketua Umum Aprobi Paulus Tjakrawan menyebut pengusaha tidak khawatir tingginya permintaan untuk biodiesel akan menggerus pasok CPO di dalam negeri. 

“Perkiraan kami akan cukup, baik permintaan maupun pasokan, selama dalam keadaan yang normal. Seandainya terjadi hambatan, tentunya kita semua berupaya untuk mengatasinya,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (21/12/2023).

Paulus mengestimasikan ke depannya pemakaian untuk biodiesel di pasar domestik juga akan menggerus kinerja ekspor CPO, serta menggantikan dominasi permintaan dari sektor pangan.

“Kemungkinan yang terjadi akan mengurangi jumlah ekspor kita. Sebagaimana kita ketahui bahwa jumlah pemakaian domestik saat ini adalah sekitar 40% dari CPO Indonesia dan 60% lainnya ekspor.”