Logo Bloomberg Technoz

Imbas Renovasi, Jalur Penumpang dan Perjalanan Stasiun Manggarai

Dovana Hasiana
16 December 2023 11:30

Suasana penumpang KRL Commuter line di Stasiun Manggarai, Selasa (30/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana penumpang KRL Commuter line di Stasiun Manggarai, Selasa (30/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melakukan Switch Over (SO) ke-7 di Stasiun Manggarai sebagai bagian dari pengembangan stasiun sentral. Pada pelaksanaan SO ke-7, pelayanan penumpang pada Stasiun Manggarai akan mengalami penyesuaian kembali, khususnya bagi penumpang Commuter Line Cikarang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal menyebutkan bahwa pelaksanaan SO ke-7 akan dilakukan dua tahap.

“Tahap 1 dilakukan pada Sabtu, (9/12/2023), sementara Tahap 2 akan dilakukan pada 16 Desember 2023,” sebut Risal dalam siaran pers, Jumat (15/12/2023)

Pada Tahap 1, SO ke-7 Stasiun Manggarai dilakukan dengan pengoperasian bangunan baru dan gedung wing kiri pada sisi timur stasiun. Dengan dioperasikannya bangunan baru ini, akses pintu keluar masuk pengguna dari sisi timur stasiun dialihkan seluruhnya melalui bangunan ini. Akses keluar masuk pengguna ini juga sudah tersambung dengan koridor menuju layanan transportasi umum lainnya.

“Setelah dilakukan pemindahan akses keluar masuk pengguna ini, pengguna tidak lagi akan melintas pada jalur kereta aktif sehingga dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna,” tutur Risal.