Logo Bloomberg Technoz

Kasus Covid-19 Naik, Jokowi Belum Wajibkan Pakai Masker

Fransisco Rosarians Enga Geken
16 December 2023 09:00

Ilustrasi Virus Covid (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Virus Covid (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah belum akan menerapkan kembali kewajiban protokol kesehatan meski ada peningkatan kasus Covid 19. Hal ini termasuk kembali mewajibkan masyarakat mengenakan masker saat berada di ruang publik.

“Belum sampai ke sana, masih diikuti Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin) dan jajarannya,” kata Jokowi seperti dikutip dari Sekretariat Presiden, Sabtu (16/12/2023).

Kemenkes sendiri mencatat terjadi peningkatan kasus positif baru hingga 359 pasien Covid-19 pada 14 Desember lalu. Total kasus aktif yang terpapar virus corona pun sudah mencapai 1.499 pasien; sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Kasus Covid-19 tercatat mulai meningkat sejak November 2023. Hal ini juga terjadi bersamaan di sejumlah negara seiring dengan dimulainya musim hujan dan musim dingin. Masyarakat pun mulai kembali didorong menjalani vaksinasi.

Catatan kasus Covid-19 saat ini memang masih jauh dari rekor penanganan saat berstatus pandemi yang bisa menembus 100 ribu pasien per hari. Hal ini sempat menimbulkan masalah karena fasilitas kesehatan mengalami kelumpuhan. Jumlah pasein melampaui kapasitas dan jumlah tenaga kesehatan.