Logo Bloomberg Technoz

Tesla Tarik Lagi 2 Juta Mobil Usai Masalah di Sistem Autopilot

News
14 December 2023 08:00

Tesla. (dok Bloomberg)
Tesla. (dok Bloomberg)

Keith Laing-Bloomberg News

Bloomberg, Tesla Inc. menarik dan akan memperbaiki lebih dari 2 juta kendaraan produksnya. Kali ini adalah penarikan terbesar yang pernah ada. Hal itu terjadi setelah regulator keselamatan otomotif terkemuka di Amerika Serikat menyatakan bahwa sistem bantuan pengemudi autopilot mobil Tesla ternyata tidak cukup untuk mencegah kekeliruan penggunaan di mobil tersebut.

Langkah ini merupakan hasil dari penyelidikan kerusakan selama bertahun-tahun yang kemudian dibuka oleh Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) untuk memantau kemanjuran perbaikan Tesla. Juru bicara NHTSA mengatakan penyelidikan menemukan sistem Tesla untuk menjaga pengemudi tidak memadai.

“Teknologi otomatis harusnya untuk meningkatkan keselamatan jika diterapkan secara bertanggung jawab,” kata NHTSA pada Rabu. “Tindakan hari ini adalah contoh peningkatan sistem otomatis dengan memprioritaskan keselamatan.”

Tesla mengatakan dalam laporan penarikannya bahwa pihaknya memperkirakan akan mulai menerapkan perangkat lunak over-the-air untuk memasukkan kontrol dan peringatan tambahan. Hal itu akan dilakukan setelah 12 Desember. Sementara itu aham produsen mobil tersebut turun 1,9% pada pukul 10 pagi di perdagangan New York.