Logo Bloomberg Technoz

Badan Amal Malaysia Diduga Pakai Donasi Rp234 M untuk Danai Hamas

News
12 December 2023 10:10

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Philip J. Heijmans dan Niluksi Koswanage - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Malaysia tidak dapat menyingkirkan badan amal setempat yang menyalurkan donasi senilai jutaan dolar ke Hamas. Menurut para pejabat yang mengetahui masalah tersebut, Pemerintah Malaysia sedang menyelidiki kelompok itu karena diduga mendukung organisasi Islam konservatif di Malaysia.

Pada 17 Oktober, Badan Anti-Korupsi Malaysia membekukan sebanyak 41 rekening bank badan amal Aman Palestin Berhad, yang berisi hampir US$15 juta atau setara Rp234 miliar, atas dugaan penyalahgunaan sumbangan publik. Langkah tersebut merupakan bagian dari penyelidikan terkait pelanggaran hukum pencucian uang dan pendanaan terorisme.

Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim, yang menjadi pendukung paling gigih perjuangan Palestina di Asia Tenggara, menyatakan bahwa Malaysia tidak akan mengakui apa yang ia sebut sebagai upaya sepihak Amerika Serikat (AS) untuk membatasi dukungan terhadap Hamas. 

Meskipun Malaysia memiliki sejarah panjang dengan Hamas, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Uni Eropa dan AS, pemerintah lebih khawatir apakah badan amal tersebut memiliki hubungan dengan Ikatan Muslimin Malaysia, organisasi yang mendukung penerapan hukum syariah di negara tersebut.