Logo Bloomberg Technoz

Saham-Saham Ini Berkilau Terungkit Rekor Harga Emas Dunia

Muhammad Julian Fadli
04 December 2023 16:45

Ilustrasi Emas Batangan (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Emas Batangan (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kenaikan harga emas dunia di pasar spot mengatrol performa saham-saham emas yang tercatat di pasar modal Indonesia.

Dalam pantauan, saham PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA), salah satunya, berhasil meroket 6,63% ke posisi Rp418/saham pada Senin (4/12/2023).

Sektor barang baku, yang menggawangi sejumlah saham-saham emas juga mencatat kenaikan 0,96%, atau jadi salah satu yang paling tinggi penguatannya pada perdagangan Senin sore hari ini. Bersaing dengan sektor teknologi dengan kenaikan 1,29%.

Adapun pada perdagangan Senin (4/12/2023), saham sektoral emas mengalami tren kenaikan mengekor harga emas dunia yang melesat dengan berhasil memecahkan rekor harga tertinggi sepanjang masa di pasar spot, di mana pagi tadi sempat menyentuh level US$ 2.135,02 per troy ounce dan kini diperdagangkan di kisaran US$ 2.064,11 per troy ounce. Selama sepekan terakhir, harga emas berhasil menguat 6,8%. Sementara selama sebulan, harganya meningkat 7,4%.

Laju kenaikan harga emas dunia didorong oleh sentimen terkait arah kebijakan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed). Emas diuntungkan bila The Fed selesai dalam tren naik suku bunga acuan. Adapun emas akan semakin diuntungkan saat The Fed memulai tren pengguntingan suku bunga. Itu karena pergerakan harga emas berkebalikan dengan dolar AS.