Logo Bloomberg Technoz

RUU Anggaran Sementara Lolos, Pemerintah AS Selamat dari Shutdown

News
15 November 2023 07:05

Gedung Capitol di Washington DC, Amerika Serikat./Bloomberg-Steven T. Dennis
Gedung Capitol di Washington DC, Amerika Serikat./Bloomberg-Steven T. Dennis

Erik Wasson, Billy House dan Mackenzie Hawkins - Bloomberg News

Bloomberg, Para anggota parlemen Amerika Serikat pada Selasa (14/11/2023), waktu setempat, akhirnya berhasil mengatasi seteru partisan dengan meloloskan rancangan undang-undang (RUU) pendanaan sementara pemerintah yang dapat menurunkan risiko penutupan atau shutdown pemerintahan.

Kesepakatan itu terjadi di tengah pertikaian pendapat mengenai anggaran untuk bantuan Ukraina, kebijakan perbatasan, dan pemangkasan besar-besaran terhadap program-program federal.

Partai Demokrat memberikan dana talangan kepada Ketua DPR yang baru terpilih, Mike Johnson, seorang Republikan yang rencananya mendapat tentangan dari kelompok garis keras di partainya karena rencana tersebut tidak memotong belanja pemerintah atau mengubah kebijakan perbatasan.

Sebanyak 209 anggota Partai Demokrat memberikan suara dan 127 anggota Partai Republik mendukung RUU tersebut, yang membutuhkan dua pertiga mayoritas agar dapat disahkan melalui proses yang dipercepat. Sebanyak 93 anggota Partai Republik memberikan suara menentang rencana pemimpin baru mereka, bersama dengan dua anggota Partai Demokrat.