Logo Bloomberg Technoz

Kunjungan Perdana Xi Jinping ke AS dalam 6 Tahun Disambut Demo

News
15 November 2023 06:25

President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)
President China Xi Jinping. (Dok: Bloomberg)

Jacob Gu - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping dijadwalkan tiba di San Francisco untuk pertemuan penting dengan Presiden Amerika Joe Biden. Kota tersebut pun meningkatkan keamanan menjelang kunjungan pertama pemimpin Asia tersebut ke AS dalam enam tahun terakhir.

Xi akan disambut pada jam 3 sore, waktu setempat, Selasa (14/11/2023) oleh Menteri Keuangan Janet Yellen – salah satu dari beberapa pejabat tinggi AS yang memuluskan jalan kunjungannya. Pemimpin China tersebut bepergian bersama kepala stafnya Cai Qi dan Menteri Luar Negeri Wang Yi, menurut Kantor Berita resmi Xinhua.

Ratusan warga China perantauan yang berbasis di AS telah melakukan perjalanan untuk menyambut Xi, saat dia tiba di California untuk melakukan pembicaraan berhari-hari dengan para pemimpin dan CEO yang dirancang untuk meningkatkan kepercayaan terhadap perlambatan ekonomi raksasa Asia tersebut. 

Partai Komunis yang berkuasa di China telah membuat banyak isyarat ke Washington dalam beberapa hari terakhir, termasuk membeli 3 juta ton kacang kedelai AS, untuk mempersiapkan pertemuan para pemimpin yang sukses pada Rabu (15/11/2023).