Logo Bloomberg Technoz

Dalih Firli Bahuri Mangkir Pemeriksaan Kasus SYL di Polda Metro

Rosmayanti
14 November 2023 14:45

Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri buka suara soal pemeriksaan Polda Metro Jaya dan Dewas KPK terkait dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Ia mengklaim bahwa KPK sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya bekenaan dengan ketidakhadirannya.

“Terkait pemeriksaan hari ini, kami sudah koordinasi dengan Polda Metro Jaya,” beber Firli saat konferensi pers OTT Pj Bupati Sorong yang dipantau secara virtual, Selasa (14/11/2023).

Firli menjelaskan, dia tidak dapat menghadiri pemanggilan dari Polda Metro Jaya hari ini karena dia diundang oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK untuk dimintai keterangan tentang dugaan pelanggaran etik. Namun, pemeriksaan tersebut ditunda karena Dewas KPK memiliki kegiatan lain.

“Tanggal 13 kemarin bahwa saya akan ke Polda, tapi bahwa Dewas ada kegiatan lain di Jogja kalau nggak salah, ini ada suratnya ini, diagendakan sesuai surat Dewas. Nanti akan ada klarifikasi dari saya pada Dewas. Kita akan hadir, tadi sudah disampaikan,” paparnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri telah dipanggil oleh Polda Metro Jaya sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan SYL. Pemeriksaan dijadwalkan dilakukan hari ini. Firli akan diperiksa sebagai saksi di lantai 21 Gedung Promoter Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.