Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Putuskan Nama Calon Gubernur BI Dalam 2 Hari

Ezra Sihite
21 February 2023 12:08

Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Meninjau Normalisasi Kali Ciliwung, Jakarta (21/2/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai Meninjau Normalisasi Kali Ciliwung, Jakarta (21/2/2023). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pertanyaan soal nama calon gubernur Bank Indonesia(BI) yang akan disampaikannya kepada DPR RI. Jokowi mengakui sudah ada sejumlah nama yang masuk kepadanya dan nama kandidat yang akan diuji kepatutan dan kelayakan akan segera dikirim ke Senayan.

Gubernur BI Perry Warjiyo (Sumber: Bloomberg)

"Kita putuskan kalau enggak hari ini besok. Nama-nama sudah masuk," kata Presiden Jokowi usai meninjau normalisasi Kali Ciliwung di Jakarta, Selasa (21/2/2023) dikutip dari unggahan video YouTube Sekretariat Presiden.

Sementara dua pekan lalu Anggota Komisi XI DPR menyatakan bahwa DPR belum menerima nama calon gubernur Bank Indonesia (BI) dari Presiden Jokowi. Oleh karena itu DPR akan menunggu mengingat masih ada waktu untuk pengajuan nama calon gubernur BI sebelum dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

"Tentang calon gubernur BI setahu saya sampai saat ini Komisi XI belum menerima usulan nama," kata Anggota Komisi Keuangan Anis Byarwati dari Fraksi PKS, Senin malam (6/2/2023).

Diketahui masa jabatan Gubernur BI Perry Warjiyo akan berakhir pada Mei 2023 mendatang. Perry sudah memimpin lembaga bank sentral itu sejak 23 Mei 2018 dan dia merupakan gubernur BI yang ke-17.

Artikel Terkait