Logo Bloomberg Technoz

Apa Kabar Rencana Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta

Dovana Hasiana
29 October 2023 06:25

Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Dok angkasapura2.co.id )
Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Dok angkasapura2.co.id )

Bloomberg Technoz, Bandung - Angkasa Pura II selaku operator dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten menyampaikan progres rencana pembangunan terminal baru yakni Terminal 4 maupun eksisting untuk menambah kapasitas dari bandara itu. AP II mengatakan, masih lanjut tahap kajian.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan, Bandara Soetta saat ini memang belum memenuhi kapasitas ideal.

“Bandara Soetta itu kan under capacity dalam 1 ukuran tertentu. Jadi antisipasi kita tuh kalau situasi penerbangan normal kapasitas bandaranya akan dibutuhkan lebih besar. Salah satu cara untuk menambah kapasitas itu dengan menambah melalui pembangunan terminal baru namanya Terminal 4 dan belakangan ada kajian yang sedang dikomparasi. Mau menambah kapasitas dengan terminal baru atau revitalisasi,”  ujar Awaluddin kepada awak media, di kawasan Dago, Sabtu (28/10/2023). 

Menurutnya, kedua opsi tersebut harus dipikirkan dan diperhitungkan dengan matang. Terlebih, bila AP II nantinya memutuskan untuk melakukan revitalisasi dari terminal yang sudah ada. Sebab, revitalisasi harus dilakukan dengan ketat dengan tidak mengganggu operasional dan mengurangi kapasitas dalam waktu lama misal karena pembangunannya eksisting Terminal III.

AP II lanjut dia, memang telah memiliki pengalaman dalam melakukan revitalisasi terminal yang tengah beroperasi. Terminal 2F contohnya. Pada saat itu, AP II harus melakukan perhitungan yang matang agar revitalisasi tidak mengganggu operasional dari terminal tersebut. Prosesnya pun dilakukan secara bertahap, mulai dari melakukan revitalisasi terhadap 2 gate pada tahap pertama, 2 gate pada tahap kedua dan 3 gate pada tahap terakhir.