Logo Bloomberg Technoz

"Tak mudah untuk menetapkan pilihan," kata Yenny Wahid di Jakarta.

Namun Yenny, putri kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu menegaskan lagi, salah satu faktor yang membuatnya menambahkan pilihan ke paslon Ganjar-Mahfud adalah Mahfud MD yang merupakan bagian Nadhlatul Ulama (NU) dan kader Gus Dur. Kedekatan keluarganya dengan Mahfud sudah berlangsung lama. Mahfud lanjut dia adalah figur yang memperjuangkan pluralisme seperti sang ayah.

"Kami melihat pak Mahfud MD adalah sosok (di bawah) Gus Dur untuk membawa penegakan hukum di Indonesia," kata dia lagi.

Padahal belum lama ini, sebelum pendaftaran ke KPU, Yenny sempat bertandang ke kediaman Prabowo Subianto di Kertanegara IV. Pada saat itu dia mengatakan, banyak kiai NU yang menaruh harapan kepada Prabowo.

"Banyak sekali kiai-kiai NU yang punya simpati besar terhadap pak Prabowo," ujar Yenny usai bertemu secara tertutup hampir 1 jam dengan Prabowo, Rabu sore (7/9/2023). 

Prabowo Subianto dan Yenny Wahid usai mengadakan pertemuan  di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Yenny menilai Prabowo merupakan figur yang dibutuhkan oleh kondisi RI saat ini. Dia awalnya mencontohkan, di zaman kemerdekaan silam, sosok Sukarno sebagai pemimpin visioner sangat dibutuhkan bangsa.

(ezr)

No more pages