Logo Bloomberg Technoz

Menkes: Jangan Terlalu Khawatir dengan COVID-19 Kraken

Rezha Hadyan
21 February 2023 08:44

Peresmian Laboratorium Genomik dan Penandatangan MoU Bumame dan Kementerian Kesehatan. (Dok. Bumame)
Peresmian Laboratorium Genomik dan Penandatangan MoU Bumame dan Kementerian Kesehatan. (Dok. Bumame)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk tak terlalu khawatir dengan bertambahnya kasus COVID-19 yang diakibatkan sub-varian Omicron XBB 1.5 atau Kraken.

Menurut Budi Gunadi, sub-varian tersebut kemungkinan besar jauh lebih lemah dibandingkan dengan varian COVID-19 yang sudah lebih dahulu muncul seperti varian Delta. Selain itu, masyarakat Indonesia juga sudah mendapatkan kekebalan atau imunitas secara alami maupun vaksinasi.

"Saya tidak terlalu khawatir dengan Kraken karena dia secara logika akan lebih lemah dan kekebalan imunitas populasi kita terlatih," katanya ketika ditemui awak media di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (21/2/2023).

Lebih lanjut, Budi Gunadi menyebut imunitas yang didapatkan oleh masyarakat Indonesia sudah dibuktikan melalui survei serologi. Hasil survei yang dirilis pada Januari 2023 menunjukkan bahwa 99% masyarakat Indonesia sudah punya antibodi terhadap virus SARS CoV-2 penyebab COVID-19.

Kadar antibodi masyarakat tercatat mengalami peningkatan hingga 3.207 u/ml pada Januari 2023 dari 2.095 u/ml pada Juli 2023. Walaupun demikian, Budi Gunadi tetap meminta masyarakat untuk berhati-hati. Sebab, bagaimanapun juga kehadiran varian atau sub-varian baru dari virus penyebab COVID-19 akan tetap ada.