Logo Bloomberg Technoz

WHO Akan Terus Selidiki Asal-muasal Covid-19

News
16 February 2023 06:43

Ilustrasi lockdown akibat Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi lockdown akibat Covid-19. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Michelle Fay Cortez - Bloomberg News

Bloomberg - Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menegaskan institusinya akan melanjutkan upaya menemukan asal mula Covid-19. Sebelumnya, Nature memberitakan WHO berhenti melakukan penyelidikan karena China enggan kooperatif.

“Mengetahui bagaimana pandemi bermula adalah sangat penting dan krusial. Kami akan terus berupaya menemukan jawabannya,” tegas Tedros kepada wartawan seperti diberitakan Bloomberg News yang mengutip AFP.

Pemberitaan Nature menyebut bahwa WHO menghentikan investigasi tahap kedua karena sulitnya menemukan hasil riset di China. Kementerian Luar Negeri China membantah berita Nature dan menyebut negaranya “telah berbagi informasi dan pembaruan seputar pelacakan asal-mula Covid-19” dengan WHO.

“Kami mendukung dan berpartisipasi dalam pelacakan asal-mula Covid-19 berdasarkan sains. Kami sudah menerima 2 tim ahli WHO untuk melakukan studi di China dan sudah membuahkan hasil. Kami akan terus melanjutkan upaya tersebut,” papar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin.