Logo Bloomberg Technoz

Peningkatan ini juga merupakan tanda yang menggembirakan bagi ekonomi Korsel, mengingat ketergantungannya yang besar pada permintaan eksternal untuk mendorong pertumbuhan.

Pemerintah di Seoul telah menyuarakan harapan dalam beberapa bulan terakhir bahwa ekspor sebulan penuh akan kembali ke pertumbuhan tahun-ke-tahun sebelum akhir tahun. Itu akan mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat jika terwujud seperti yang ditunjukkan oleh data awal Oktober.

Penjualan semikonduktor, barang ekspor terbesar negara itu, juga menunjukkan tanda-tanda bangkit kembali, terutama memori flash NAND.

“Pada akhirnya, rebound harga cip memimpin rebound ekspor,” kata Jeong Wonil, ekonom di Yuanta Securities. “Kita mungkin mengalami situasi ekonomi yang aneh dari pertumbuhan tinggi, suku bunga tinggi, dan inflasi tinggi tahun depan.”

Dalam laporan terpisah pada Senin, Bank of Korea (BOK) menyoroti pemulihan permintaan semikonduktor dan meningkatnya optimisme pasar bahwa itu akan terus menguat tahun depan, mengutip kenaikan pertama harga dynamic random access memory (DRAM) dalam setahun setengah pada bulan lalu.

DRAM adalah jenis cip memori di mana peran Korea dominan di pasar global.

Meskipun ada peningkatan awal dalam ekspor, risiko tetap ada untuk perdagangan Korea. China maisih berjuang untuk memulihkan momentum penuh untuk ekonominya, yang merupakan tujuan terbesar bagi ekspor Korsel.

Korsel menjual US$5,2 miliar semikonduktor selama 20 hari pertama, 6,4% lebih rendah dari tahun sebelumnya. Angka itu lebih kecil dari penurunan 14,4% untuk sebulan penuh September, menurut data tersebut.

Defisit perdagangan melebar menjadi US$3,7 miliar untuk 20 hari pertama, dibandingkan dengan defisit US$488 juta pada periode yang sama bulan lalu.

(bbn)

No more pages