Logo Bloomberg Technoz

Korut Tembakkan Rudal Antar Benua, Kirim Peringatan Baru ke AS

News
20 February 2023 16:05

Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Gareth Allan - Bloomberg News

Bloomberg - Korea Utara (Korut) mengakui telah menembakkan rudal balistik antar-benua pada Sabtu (18/02/2023). Peluncuran ini memberi peringatan baru kepada AS setelah sebelumnya pemerintah memamerkan sejumlah roket di Pyongyang.

Peluncuran rudal terbaru Hwasong-15 dilakukan dengan ketinggian maksimum mencapai 5.768,5 kilometer dan terbang sejauh 989 kilometer, kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan pada Minggu (19/02/2023). Pihaknya juga mengatakan bahwa uji coba tersebut adalah jaminan dan bukti nyata tentang keandalan dari penangkal nuklir fisik yang kuat.

"Kami memperingati AS untuk berhenti menipu dunia dengan mengatakan bahwa mereka tidak memusuhi DPRK (Korea Utara). Mereka harus menghentikan semua tindakan yang mengancam keamanan negara," kata Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong Un melalui KCNA dalam kesempatan terpisah.

Meski Kim Yo Jong juga memperingatkan Korea Selatan untuk mempertimbangkan kembali konsekuensi dari tindakan sembrononya, rudal balistik antarbenua (ICBM) itu tidak akan ditujukan ke Seoul.