Logo Bloomberg Technoz

Korut Luncurkan Rudal, AS, Korsel, Jepang Gelar Latihan Udara

News
20 February 2023 14:02

Ilustrasi pesawat tempur (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pesawat tempur (Sumber: Bloomberg)

Sam Kim dan Ryotaro Nakamaru - Bloomberg News 

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) menggelar latihan udara dengan Korea Selatan dan Jepang, sehari setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik dari ibu kota Pyongyang ke laut lepas Jepang pada Sabtu (18/02/2023). 

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan menyampaikan melalui pesan teks, negaranya dan AS telah mengerahkan pesawat pengebom (bomber) B-1B yang dikawal oleh jet tempur mereka dalam latihan udara bersama. 

Kantor berita Jepang Kyodo News melaporkan, pesawat-pesawat bomber AS dan jet tempur AS dan Jepang juga berpartisipasi dalam latihan terpisah. Rudal balistik antar-benua (ICBM) Hwasong-15 Korea Utara (Korut) dilaporkan mendarat di perairan dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang pada Sabtu (18/02/2023).

Peluncuran rudal dan latihan udara gabungan ini menegaskan kembali akan meningkatnya ketegangan yang terjadi di Asia Pasifik. Korut telah mengeluarkan peringatan baru kepada AS setelah uji coba itu dan Gedung Putih pun mengecamnya dan mengatakan akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk mempersiapkan pertahanan AS dan negara sekutu Jepang dan Korsel.