Logo Bloomberg Technoz

POD Diteken Bulan Ini, Pembeli Gas Blok Masela Didominasi Lokal

Sultan Ibnu Affan
20 October 2023 17:50

Ilustrasi pekerja LNG (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pekerja LNG (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mensinyalir revisi rencana pengembangan atau plan of development (POD) Blok Masela bakal disetujui bulan ini, terlebih calon pembeli gas dari proyek Lapangan Abadi itu sudah dikunci. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan evaluasi terhadap revisi POD Blok Masela oleh konsorsium PT Pertamina (Persero) dan Petrolian Nasional Berhas (Petronas) sudah dirampungkan.

“Sudah. [Prosesnya] cepat. Iya, kita cepat-cepat, supaya cepat produksi,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jumat (20/10/2023).

Saat dimintai konfirmasi terkait dengan kemungkinan revisi POD Blok Masela disetujui sebelum akhir tahun ini, bahkan dalam bulan ini, Arifin merespons, “Ya. Ya. Insyalllah. Makanya, sekarang tim kami kerja keras semua buat menyelesaikan apa-apa yang bisa diselesaikan. Cepat, biar tidak melanggar aturan. Jangan ditahan-tahan.”

Dengan dipercepatnya revisi rencana pengembangan Blok Masela, Arifin mengatakan pembeli gas dari ladang gas di Kepulauan Tanimbar, Maluku itu pun sudah dikantongi pemerintah.