Logo Bloomberg Technoz

Eksportir Beri Tanggapan Positif Soal Rencana Aturan Baru DHE

Krizia Putri Kinanti
17 February 2023 13:22

Surplus perdagangan China pada 2022 mencetak rekor baru terdorong ekspor yang melesat di semester 1 2022 (Bloomberg)
Surplus perdagangan China pada 2022 mencetak rekor baru terdorong ekspor yang melesat di semester 1 2022 (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Eksportir menyambut baik rencana Bank Indonesia (BI) untuk memberlakukan operasi moneter dengan skema Term Deposit valas dalam rangka menarik devisa yang dihasilkan dari kegiatan ekspor (Devisa Hasil Ekspor/DHE).

Wakil Ketua Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI), Moelyono Soesilo mengatakan Term Deposit valas untuk DHE ini cukup menarik bagi para eksportir.

Menurut Moelyono, eksportir bisa mendapatkan tambahan pendapatan dari bunga yang diperoleh saat menyimpan uangnya di Term Deposit Valas. Suku bunga ini merupakan insentif yang diberikan BI dalam rangka menarik eksportir menyimpan dolar di perbankan nasional. Semakin besar nominal valas yang ditempatkan, maka semakin besar pula bunga yang didapatkan.

"Cukup menarik, sehingga dana lebih dari ekspor bisa menghasilkan pendapatan tambahan bagi eksportir," tuturnya kepada Bloomberg Technoz, Jumat (17/2/2023)
Moelyono menyambut baik kebijakan tersebut dengan catatan instrumen tersebut bersifat likuid dan diatur oleh regulasi yang jelas dan transparan.

"Yang penting, kebijakan ini tidak menghambat eksportir untuk mencairkan hasil devisa dan aturannya juga harus jelas dan transparan," ucapnya.