Logo Bloomberg Technoz

Kosmetik Indonesia Masih Kalah dengan Produk Asal China

Dovana Hasiana
07 October 2023 20:30

Ilustrasi E-Commerce (Dok. Istimewa)
Ilustrasi E-Commerce (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Produk Kosmetik Asal Luar Negeri masih menjadi Produk Kosmetik Terlaris di platform dagang-el.

Bloomberg Technoz pada Sabtu (7/10/2023) menuliskan produk ‘make up’ dalam kolom pencarian, menggunakan fitur ‘filter’ kosmetik wajah berdasarkan kategori yang dijual di Shopee Mall dan memilih kategori produk terlaris. 

Hasilnya, produk kosmetik yang diproduksi oleh perusahaan luar negeri, yang dominan berasal dari China, menempati posisi teratas. Terdapat produk DAZZLE ME Get a Grip! Makeup Setting Spray yang dibanderol dengan harga Rp39,9 ribu. Berdasarkan website Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), produk ini diproduksi oleh Guangzhou Cenkon BiochemicalGuangzhou, Products China Co., Ltd.,

Masih dari China, kosmetik kedua yang menempati posisi teratas adalah produk O.TWO.O Matte Powder Waterproof Long Lasting Oil Control 24H Natural Skin Tones Makeup Powder yang dijual dengan harga Rp93,8 ribu hingga Rp96,7 ribu. Produk ini diproduksi oleh Guangzhou Shengbaolan Biotechnology Co.,Ltd.,

Produk selanjutnya juga berasal dari China, yakni SKINTIFIC Cover All Perfect Air Cushion yang dijual dengan harga Rp169 ribu hingga Rp249 ribu. Produk ini diproduksi oleh Guangdong Bawei Biotechnology Corporation.